Jpeg

Dalam grup Homeschooling Keluarga Muslim daerah Tangerang yang saya ikuti, banyak sekali yang meminta agar saya berbagi kurikulum HS untuk anak saya yang kedua, Aqeela Isma. Ng… bukan nggak mau sih, tapi memang anak saya tidak ‘dibelajarkan’ (jangan cari kata ini di KBBI). InsyaAllah, kurikulum HS yang saya rancang akan saya terapkan ketika ia beranjak 7 tahun. Maklum, saya emak penganut better late than early karena melihat pengalaman anak saya yang pertama dan pengalaman saya sendiri.

Tapiiii… melihat semangat para buibu komunitas HS muslim tercinta itu, saya jadi terharu. Yo wis lah… berikut ini saya dedikasikan Standar Tumbuh Kembang Anak Bayi – 6 Tahun untuk mereka: para Ibu yang ingin memberikan yang terbaik untuk permata yang diamanahkan. Bukan buatan saya, tapi resmi dari Ulil Amri.

Dalam berkas-berkas yang pasti dimulai dengan pendahuluan itu, ada bagian yang saya sukai, yaitu PRINSIP PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI:

  1. Berorientasi pada Perkembangan Anak
  2. Berorientasi pada Kebutuhan Anak (fisik dan psikis)
  3. Bermain sambil Belajar atau Belajar Seraya Bermain
  4. Berpusat pada anak
  5. Lingkungan yang kondusif
  6. Menggunakan pembelajaran terpadu
  7. Mengembangkan berbagai kecakapan hidup
  8. Menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar
  9. Dilaksanakan secara bertahap dan berulang–ulang
  10. Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan
  11. PemanfaatanTeknologiInformasi

Nah, ini dia.. silahkan.

Standar Perkembangan Anak Usia 1-6 Tahun

Catatan saya: standar di atas merupakan acuan, bukan goal yang kudu dan wajib dikejar. Hal ini karena setiap anak itu unik dan memiliki kecepatannya sendiri. Yang bisa dilakukan orang tua adalah berdoa dan memberikan exposure yang sesuai usianya.

Oh, iya saya juga cantumkan ceklis tumbuh kembang dari negara tetangga beda RT, Australia sebagai perbandingan. Yang ini sampai usia 13 tahun. Silahkaan…

Development Checklist NSW

Terus??? Mana kurikulumnyaaaa? Hehe.. sekali lagi.. berhubung saya penganut better late than early, jadi begini saja langkah-langkahnya ya:

  1. Fokuspada tabel usiaanak
  2. Buatlah ceklis
  3. Silahkan googling aktifitas atau mainan yang sesuai dengan ekspektasi tumbuh kembangnya. Ada banyaaak sekali inspirasi dari internet yang bisa diterapkan.

Akhir kata.. maaf ya buibu… saya bisa bantu segini aja… >_<

 

Iklan