Klastulistiwa

Rumah Belajar Keluarga Muslim

Mierza Miranti

Bismillah,

wpid-11202650_10205798113050839_1391687956810023783_n.jpg

Salam hangat dari saya, Mierza Miranti, pengelola situs ini yang jatuh cinta dengan homeschooling Indonesia terutama penerapannya dalam keluarga muslim.

Saya memulai homeschooling pada tahun 2015, saat diberi amanah 3 orang anak (saat ini 4 alhamdulillah). Alasan memulainya sederhana, karena anak sulung saya menginginkan saya jadi gurunya. MasyaAllah, ini seperti jawaban dari doa saya tahun 2008 dulu ketika membuat riset tentang homeschooling untuk anak yang masih saya kandung. Oh iya, riset tersebut dimuat pada halaman The Jakarta Post.

Saya bersyukur Allah memberikan kesempatan bagi saya untuk mengajar dan mendalami berbagai kurikulum sejak tahun 2003, sebut saja apakah itu kurikulum nasional, International Baccalaureate (Primary Years Program), Cambridge IGCSE dan A-Level, AusVELS, sampai kurikulum integrasi unik yang digagas beberapa sekolah tempat saya bekerja.

Di tempat-tempat berkhidmat itulah saya dipertemukan dengan banyak pembelajaran, baik dari situasi yang menantang, rekan-rekan pendidik yang menginspirasi, dan tentu para mentor yang senang hati membimbing. Mereka mengajari saya banyak hal barakallaahu fiikum. Selain mengajar, saya juga belajar banyak ketika harus menuntaskan amanah manajerial lain di lembaga-lembaga tersebut, seperti mengembangkan sistem rekrutmen dan profesional development.

Ingin bergerak lebih luas dalam mengembangkan pendidikan anak-anak, saya kemudian mengikuti beberapa sesi pengembangan diri, dari Montessori hingga Diklat Tarbiyatul Aulad. Seperti yang diduga, saya makin jatuh cinta dengan pendidikan Islam padahal baru mulai menyentuh permukaannya melalui majelis ilmu dan penerapannya melalui interaksi dengan anak-anak saya.

Singkat kata, pejalanan belajar keluarga pun berjalan dan, alhamdulillah, Allah memberikan kemudahan menjadikan homeschooling anak-anak saya seperti autopilot dalam 3 tahun. Berbekal izin suami, saya merasa sudah saatnya saya kembali ke dunia kedua yang saya cintai: dunia pendidikan.

Saya pun bergabung di SDIT Anak Shalih Bogor Islamic School sebagai guru dan koordinator ibu guru. Kemudian, saya diberi amanah sebagai staf LITBANG di Yayasan Pendidikan Islam Imam Ahmad bin Hambal Bogor. Yayasan ini membawahi sekolah tempat mengajar sebelumnya yaitu SDIT Anak Shalih dan TKIT Anak Shalih serta TKIT Aisyah Educare.

Singkat kata, saya dan suami pun berbagi peran. Siang hari adalah saat suami mengawal kegiatan anak-anak, karena memang usaha beliau di rumah. Sebelum berangkat dan setelah pulang, maka itu adalah giliran saya. Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimush shalihaat, atas pertolongan Allah, hingga hari ini kami masih menjalaninya.

Pada saat bersamaan, saya dan keluarga (dibantu rekan-rekan satu visi) membentuk AHA! A+ Home Academy. Akademi ini mempertemukan kami dengan keluarga-keluarga yang semangat belajar!

Saya tahu bahwa memulai homeschooling memang penuh warna. Karena itu, saya berharap bahwa situs ini, @klastulistiwa, dan AHA! dapat memberikan pijakan dalam menjalani pendidikan berbasis keluarga.

Mari berjejaring.

https://instagram.com/klastulistiwa
https://fb.me/klastulistiwa
https://t.me/klastulistiwa
https://klastulistiwa.com

10 respons untuk ‘Mierza Miranti’

  1. Assalamualaikum… Mba sy dan suami memutuskan untuk homeschooling anak kami.. Dan kami membutuhkan info untuk komunitas di tangerang selatan.. Dimana komunitas nya dan apa saja kegiatan nya?

  2. Ass mb mierza.mohon info komunitas homeschooling di bandung.sptnya saya berminat menghentikan sekolah formal utk anak saya krn sptnya dia tertekan dg sekolah formal.terimakasih.wss.wr wb

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: