“Hapaaaa? Ada tipsnyaa?” Yaaa, begitulah. Bumil tetap bisa tetap asik kok, meski dianugerahi masa-masa ngidam, mual, bahkan muntah. Caranyaaa? Ya dengan ilmu, raga yang sehat, dan hati yang dimanja bahagia.

Festival Ngidam Media and Blogger Gathering

Pesan itulah yang coba disampaikan oleh SGM Bunda dalam acara Media and Blogger Gathering di Aston Hotel kemarin.

Acara ini menghadirkan dua ahli dalam soal ngidam, yaitu DR. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) dan Tara de Thouars, BA, M.Psi. Dr Damar adalah Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi yang hadir untuk memberi penjelasan seputar fenomena ngidam serta peran asupan nutrisi dalam masa kehamilan. Sementara itu, ibu Tara merupakan seorang sebagai Psikolog Keluarga yang bersedia mengulas informasi terkait perubahan emosi dan dukungan psikologis terhadap Bunda selama masa kehamilan.

 

Pentingnya Asupan Ketika Ngidam

IMG-20170824-WA0027

Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K) menyebutkan kalau faktor nutrisi berpengaruh 80% dalam mencetak blueprint manusia, lho.

Ayooo mengacung! Siapa yang suka mual, muntah, dan ngidam saat hamil? Kalau kata  dr. Damar, ada dua teori tentang ini.

Teori pertama disebut teori perlindungan untuk ibu dan janin. Naaah, mual, muntah, dan ngidam itu sebenarnya mekanisme tubuh menangkal benda asing masuk ke dalam tubuh. Jadi, yakinkan dalam hati Bunda kalau Bunda sedang dilindungi.

IMG-20170824-WA0015Teori kedua yaitu teori tubuh kembang plasenta. Jadi memang masa mual itu adalah masa ketika tubuh bereaksi untuk membagi nutrisi antara ibu dan bayi.

Nah, untuk memastikan nutrisi terbagi dengan baik, Bumil harus ingat untuk menjaga asupan makro dan mikronutrien yaaa. Oiya, ada beberapa jenis susu yang bisa dikonsumsi, tapi susu kental manis adalaj jenis yang tidak direkomendasikan. Yang sebaiknya dipilih ya yang memang dibuat untuk ibu hamil karena sesuai keperluannya. Contohnya, whey protein dalam susu ibu hamil itu penting banget buat bumil.

 

Cara Memastikan Bumil Tetap Waras

 

Waras adalah kata-kata yang kekinian digunakan di sosial media yaaa. Etapi memang bener kok. Ibu yang waras bisa membantu janin tetap tumbuh sehat. Nah, pada acara ini, Bu Tara memberikan tips dalam mengolah jiwa agar tetap sehat setiap trimesternya.

TRIMESTER PERTAMA

IMG-20170824-WA0023-01Saat trimester pertama, beberapa ibu mengalami fase luapan emosi pada saat tahu kehamilannya. Lalu, beberapa diantaranya juga harus menghadai masa-masa mual muntah. Bu Tara menyarankan ibu-ibu hamil pada masa-masa ini untuk lebih banyak sharing dengan pasangan dan orang terdekat, istirahat, dan relaksasi. Hal ini penting terutama kalau Ibu sering mengalami mual, muntah dan merasakan mood swing.

BAGAIMANA DENGAN TRIMESTER KEDUA?

IMG-20170824-WA0023-02Pada masa ini, banyak ibu yang khawatir dengan bentuk tubuh, berkurangnya percaya diri, nampak seperti perlu atensi yang lebih, dan lebih bergantung kepada pasangan. Solusi untuk ibu hamil pada masa ini adalah dengan memperkuat komunikasi positif, bicarakan kekhawatiran, dan lakukan aktifitas menyenangkan.

DAN SAAT TRIMESTER KETIGA

IMG-20170824-WA0023-03Biasanya pada masa-masa ini, Ibu lebih terbatas secara fisik, sering dapat ekspektasi lebih dari lingkungan, dan memiliki kecemasan seputar kelahiran. Yang harus diolah pada masa ini adalah lebih banyak berkomunikasi dengan pasangan dan memilih dengan cerdas informasi yang masuk. Dengan begini, kesehatan mental Ibu akan lebih matang dalam mempersiapkan kelahiran si buah hati.

 

Mau Dapat Ilmu dan Keseruan Lainnya?

Tulisan di atas itu hanya sedikit dari banyak informasi yang saya dapatkan. Keren yaaa. Kalau Bunda mau dapat ilmu dan keseruan yang sama, yuks ikutan Festival #NgidamSGMBunda tanggal 2-3 September 2017 ini di Summarecon Mall Bekasi. Selain dapat ilmu, juga banyaaak sesi icip-icip sampai pijat-pijat hehe. Asik kaaan…

Oh iya… di akhir acara, kami dapat informasi #NutrisiLezatBundaSehat ini sudah banyak membantu banyak ibu hamil yang suka mual minum susu (kayak aku hehe). Soalnya, hanya minum segelas sehari doang, nutrisi untuk ibu hamil pun sudah tercukupiii 💜Dan ternyata, SGM juga sudah membantu ibu hamil mendapatkan akses ke fasilitias USG dan bahkan menjadi rekor MURI looh. Hebat yaaa. Senangnya ketika ada yang peduli dengan ibu hamil dan calon anak bangsa. Selamat ya SGM.

img-20170825-wa0015.jpg

 

Iklan