Wiiiiiii… insya Allah, Aisha Homeschool mau halan-halan bareng komunitas Homeschooling Muslim Tangerang ke Ragunan eeeuuuuyyy (sambil bermain Scavenger Hunt Bahasa Arab) bulan Agustus nanti. Nah, sebagai mamak-mamak traveschooolers yang banyak maunya, alias pengen murah tapi nyaman, jadilah saya meriweuhkan diri untuk mencari impo-impo menuju ke lokasi. Dari mulai browsing sampai diskusi dengan mamak-mamak HS, semua saya lakukan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (tsaaaah… bahasamuuuuu Bu Mirjaaaa). Baiklah.. inilah hasil penerawangan saya yang menghasilkan data-data penting seperti denah kebun binatang, jam buka-tutup, harga tiket masuk Ragunan beserta wahananya, sistem cashless dalam pembayaran, rute KRL dan busway, hingga aplikasi penunjangnya. [Catatan: Kalau salah langsung cuss koreksi di kolom komentar (di blog) yaaa, namanya juga udah lama ga kesana. Jangan dibuli. Kasih suvenir ajah]

DENAH KEBUN BINATANG RAGUNAN

Sebagai wanita yang otak dan jiwanya terlalu multi tasking, saya sering nyasar kalau tempat-tempat umum, seperti emol-emol dan ITC. Karena itu, peta dan aplikasi adalah andalan saya. Keren yaaa?

Etapi, katanya women kan ‘can’t read maps’? Ish.. stereotype banget ih kamuh. Saya kan donlot itu buat dikasi suami. Biar dia aja yang mandu maksudnya wkwkwkwk. Dah ah.. posting ini rawan bully.

Nih, ini diaa aplikasinya: Ragunan Zoo. Sila unduh aplikasi  ini di Google Play atau klik di sini yaaaa. Keren banget deh, ada beberapa fiturnya yang sangat membantu pengunjung. Lihat aja tampilan layarnya di bawah ini. Memang ada beberapa masukan di review-nya, tapi banyak juga komentar yang merasa terbantu dengan aplikasi ini.

Aplikasi di atas sayangnya kurang bersahabat dengan hape saya yang minimalis. Kalau ada yang senasib, jangan kuatir. Kita bisa melengkapi diri dengan denahnya. Nah, sila unduh di bawah ini yaaa.

Denah Kebun Binatang Ragunan
Denah Dapet Dari Sini 
denah kebun binatang ragunan jakarta
Denah Dapet Dari Grup WA

TIKET KEBUN BINATANG

jakcard ragunan

Eh tenyata kan yaaaa, masuk Ragunan itu sekarang ga bisa bayar tiket pake uang kayak jaman dahulu kala. Lemme introduce you toooooooo:  JAKCARD. Inilah sistem cashless yang coba diperkenalkan manajemen Kebun Binatang Ragunan.

Agak keder sih wkwkwk… jadinya banyak nanya sama teman-teman n kakang Gugel. Jadi, ternyata belinya itu juga bisa di lokasinya atau di Ragunan. Untuk harganya, kayaknya saya pilih Rp 30,000 dapat saldo Rp 20,000 atau opsi kedua: pakai eMoney punya Pak Suami (katanya bisa juga). Lumayan hemat 10 ribu. #emak irit

HARGA TIKET MASUK RAGUNAN

Oiya, untuk mengira-ngira berapa saldo yang kita perlukan untuk membeli Jakcard atau mengisi eMoney, sepertinya kita perlu tahu dulu deh nanti mau ngapain aja. Karena ada beberapa wahana yang tidak masuk dalam harga tiket masuk Ragunan. Silahkan cek data di bawah yang saya ambil dari situs ini:

Tarif masuk

  • pengunjung Dewasa Rp. 4.000,-/orang
  • pengunjung Anak-anak Rp. 3.000,-/orang

Tarif penitipan kendaraan / parkir

  • Kendaraan Bus besar, truk besar, dan mobil box besar Rp. 15.000,-/hari
  • Kendaraan Bus kecil, Truk kecil, mobil box kecil, dan pick up besar Rp. 12.500,-/hari
  • Kendaraan Mobil sedan, minibus/sejenis, termasuk dalam bentuk pickup kecil Rp. 6.000,-/hari
  • Kendaraan Sepeda motor, dan kendaraan roda tiga Rp. 3.000,-/hari
  • Kendaraan Sepeda Rp. 1.000,-/hari

Pemakaian fasilitas

  • Wahana Kuda tunggang Rp. 5.000,-/satu kali keliling
  • Wahana Onta tunggang Rp. 7.500,-/satu kali keliling
  • wahana Taman satwa anak Rp. 2.500,-/satu kali keliling
  • wahana Perahu Angsa Rp. 18.000,-/satu kali keliling
  • wahana Kereta keliling Rp. 7.500,-/satu kali keliling
  • wahana Sepeda tunggal Rp. 10.000,-/orang
  • wahana Sepeda ganda Rp. 15.000,-/orang
  • wahana Kuda bendi Rp. 15.000,-/satu kali keliling

Tarif Masuk Pusat Primata Schmutzerticket

  • Hari Selasa s.d Jumat (usia 3 tahun ke atas) Rp. 6.000,-/orang
  • Hari Sabtu s.d Minggu / libur nasional (usia 3 tahun ke atas) Rp. 7.500,-/orang

NAIK KERETA KE KEBUN BINATANG RAGUNAN

Saat ini saya tinggal di daerah Tangerang Selatan, entah nanti… (Ealaaaah, Mirja! Napa jadi curhat?)

Oke, fokus.

Karena saya tinggal di Tangerang Selatan plus posisi saya dekat dengan stasiun kereta api, maka yang paling rasional (secara waktu karena macet dan #uhuk ongkos) adalah naik kereta ke kebun binatang Ragunan deh. Ini moda transportasi kaporit banget. Cepat dan efektif, plusss murah. Meski untuk segi kepraktisan dan kenyamanan (saat salah pilih jam) menjadi taruhannya yaaa. Tapi dua poin yang disebut terakhir bisa disiasati laaaah. Kita kan termasuk golongan EIS: Emak Irit Sedunia. Kemungkinan besar rencana Ahad itu akan berangkat setelah subuh, karena….

JAM BUKA KEBUN BINATANG RAGUNAN

ADALAH JAM 6 PAGI – 4 SORE KATA OM GUGEL

 

Kemungkinan besar saya naik dari Stasiun Jurang Mangu atau Stasiun Sudimara hingga Stasiun Sudirman. Lanjut Transjakarta menggunakan koridor 06 busway dari Dukuh Atas ke Ragunan. Ehem, untuk ukuran emak-emak yang sering nyasar di emol aku keren kan yaaa wawasannya? Ya iyalah, kan ada Google Maps nyehehehe.

Oiya, jaga-jaga pada hari H ga dapat kekuatan bulan, eh maksudnya GPS, saya sudah siapkan backup. Penolong saya yaituuuu: peta rute kereta dan Trans Jakarta. Boleeeh… boleeeh…. boleh unduh kok. Silahkan…

Iyeee.. rute-rute ini untuk diberikan kepada Pak Suami kesayangan jugaaa… harap tidak bahas-bahas lagi ‘Women Can’t Read Maps’ kalau ga mau saya cakar. (Macan mode, kan mau ke Ragunan).

Done. Sekarang siap-siap deh bebawaan ke Ragunan. Semoga bisa cerita tentang halan-halannya di posting berikutnya. ^_^

Iklan