Alhamdulillah, anak ketigaku akhirnya bisa lulus ASI hingga 2 tahun. Sungguh mellow sekali perjalanan menuju sapih ini. Bukan apa-apa, ada banyak kemudahan yang Allah berikan agar ASI lancar untuk bisa menyusui si bungsu ini. Dari mulai pilihan karir jadi WAHM hingga kelancaran ASI.

 

Bagaimana Agar ASI Lancar?

Yup, posting kali ini saya nggak mau bermellow-mellow berpisah dengan kemesraan mengASI ah. Nanti malah nangis lagi. Sekarang saya mau berbagi aja beberapa tips dari pengalaman saya memberikan ASI ya, baik itu saat menjadi working mom yang harus pompa ASIP sampai jadi Working at Home Mom. Ini dia beberapa diantaranya:

Semakin Sering Semakin Banyak

Semakin bayi kita menyusui, semakin banyak ASI yang dihasilkan. Ketika bayi mulai besar, ia mungkin menyusui untuk waktu yang lebih pendek atau kurang sering. Bayi memiliki periode ledakan pertumbuhan dalam beberapa bulan pertama. Selama pertumbuhan ini, bayi akan minum lebih sering selama beberapa hari untuk memuaskan nafsu makan yang meningkat. Selama masa ini, jumlah ASI akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan bayi.

 

Jaga Kesehatan

Pada hari-hari awal, cobalah untuk beristirahat ketika bayi kita tidur. Serius! Makan makanan sehat dan minum air putih juga penting agar ASI lancar.

Jangan takuuuut menerima dan / atau meminta bantuan dengan pekerjaan rumah tangga dan makanan dari pasangan, keluarga, atau kalau ada ya teman-teman. Ingat: stres tidak berbanding lurus dengan harapan agar ASI lancar. Jika bayi tidur dan kita lelah, maka tidurlah.

 

Saat sedang menyusui, kita mungkin secara bertahap kehilangan beberapa berat badan ekstra yang diperoleh selama kehamilan karena menyediakan bagian dari energi yang dibutuhkan agar ASI lancar.

Mengobrol Dengan Ibu Menyusui Lainnya

Berbicara dengan ibu menyusui lainnya sangat penting! Kontak dengan ibu menyusui lainnya dapat merawat rasa percaya diri dalam menyusui. Jangan pernah menyimpan kekhawatiran untuk diri sendiri. Ada banyak kelompok dan individu yang bersedia untuk membantu agar program menyusui berlangsung dengan sukses. Jika ingin berkonsultasi agar ASI lancar atau menemukan masalah, kita bisa menemui perawat kesehatan masyarakat, konsultan laktasi, komunitas ibu menyusui, dokter atau bidan, anggota keluarga, atau teman-teman yang sama-sama sedang menyusui.

Yap. Lakukan sesuatu yang menyenangkan setiap hari. Kita bisa melakukannya di rumah. Sambil bersantai atau berjalan-jalan dengan bayi, kita bisa tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman melalui aplikasi yang banyak tersedia. Ingat, jangan mengisolasi diri.

 

Gizi yang Cukup

Penelitian menunjukkan bahwa ASI sangat penting sebagai satu-satunya makanan atau minuman bayi selama 6 bulan pertama kehidupan. Hebatnya, jumlah ASI akan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi kita dan terus memiliki jumlah nutrisi yang sesuai – jika memenuhi gizi. ASI juga mengandung antibodi dan faktor imun lain yang membantu melindungi terhadap infeksi dan penyakit – manfaat yang berlangsung seumur hidup.

ASI memiliki banyak manfaat kesehatan untuk ibu juga, termasuk memelihara hubungan khusus antara ibu dan bayi. Selain itu, ASI sangat praktis: suhunya selalu tepat, ekonomis, dan ramah lingkungan!

Lalu, apa saja yang kita butuhkan agar ASI lancar? Inilah beberapa bahan alami yang bisa membantu memperlancar ASI:

  1. Fenugreek. Bahan ini dapat meningkatkan ASI hingga 900%. Penelitian yang ditulis oleh Turkyilmaz C. Onal E. Hirfanoglu IM, et al. yang berjudul ‘The effect of galactagogue herbal tea on breast milk production and short-term catch-up of birth weight in the first week of life’ juga menyebutkan efektifitas bahan ini
  2. Anise. Tanaman yang berasaal dari Mediterania Timur & Asia Selatan ini sering diseduh sebagai teh di Mesir. Fungsi lain bahan ini selain agar ASI lancar bagi ibu sangatlah banyak. Sebut saja dapat menyembuhkan kolik, meredakan perut kembung, batuk, asma, hingga nyeri haid.
  3. Fennel. Kandungngan flavonoid serta kumarinnya termasuk fitoestrogen yang agar ASI lancar.
  4. Moringa. Bahan alami ini kaya dengan asam amino essensial, threonin, valin, arginin, lisin, triptofan, dan valin.
  5. Habbatussauda, yang sudah tidak diragukan lagi fungsinya sebagai penambah ASI, selain sebagai obat dari berbagai macam penyakit.

Nah, semua bahan itu ada takarannya. Dan kita bisa mendapatkannya dengan hanya meminum satu jenis produk saja looooh. Tidak perlulah berlelah-lelah mencari satu persatu bahan tersebut, karena semua tersedia dengan meneguk ASI Booster Tea. Siap-siap banjir ASI deeeh, insyaAllah.

agar asi lancar

Iklan