💐💐💐💐💐💐💐💐
Kulwapp Homeschooling Keluarga Muslim (HSKM) TANGERANG
23 oktober 2015 pukul 13.00
💐💐💐💐💐💐💐💐

image

Tema kita dua jam ini adalah
💛💙💜💚❤💛💙💜💚
“Praktek Penanaman Adab dan Akhlak Dalam Pendidikan Rumah”
💛💙💜💚❤💛💙💜💜

💖 MATERI 💖

Praktek Penanaman Akhlaq& Adab Dalam Pendidikkan Rumah
🌱🌱🌼🌼🌱🌼🌼🌱🌱

Bunda kumpulkan duo mujahid malam itu ba’da isya seperti biasanya. Bunda membuka iftitah halqah dengan salam, hamdalah, dan shalawat kepada baginda Muhammad. Kemudian Bunda buka materi halqah malam itu dengan sebuah pertanyaan….

“Duhai mujahid- mujahid bunda, Tahukah nanda, apa itu adab bagi seorang muslim?”

Bunda tunggu sejenak. Big A mujahid terlihat berpikir untuk menjawab apa yang menjadi pertanyaan bunda, jujur bunda sangat-sangat deg-degan  menanti jawaban jawaban mujahid yang besar yang baru memasuki gerbang usia pra baligh. Bunda ingin menakar hasil madrasah rumah kami selama ini. Bunda ingin menakar efektivitas keberpengaruhan kami selaku orang tua dalam hal keteladananan menghiasi diri dengan akhlak karimah pada diri mujahid. Bunda juga ingin meluruskan jikalau saja jawaban mujahid keliru. Ummahat shaalihat  tahu apa jawaban mujahid?

Sang mujahid kemudian berusaha menjawab, “Hukum Allah”, “Perintah Allah”. Alhamdulilllah, walaupun tidak tepat 100% jawaban yang diinginkan kepada mujahid telah menunjukkan pemahamannya yang lurus. Bahwa ahlaq bukan sekedar sifat moral.
Mujahid bunda , memang begitulah adanya bahwasannya ahlaq bukan sekedar sifat moral melainkan bagian dari syariat, juga merupakan bagian dari perintah  dan larangan Allah.Dan setiap muslim termasuk anak-anak  wajib bersunguh-sungguh menghiasi dirinya dengan akhlaq-akhlaq yg baik yang berkesesuaian dengan syariat.

Selanjutnya bunda  menjabarkan ta’rif (definisi) akhlaq adalah sebuah kenisyaan agar ananda mampu memahami konsep akhlaq dengan tepat.
❓Lalu apa yang dimaksud dengan akhlak mulia (baik) atau husn al-khulq  ?
▶ Di dalam tafsirnya, Abdullah ibn al-Mubarak, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi,menyebut husn al-khulq sebagai: selalu bermuka manis; biasa melakukan kebajikan, diantaranya dengan biasa memberikan nasihat kepada orang lain dengan kata-kata yang
baik, ringan tangan (mudah membantu orang lain), jujur, dll; serta sanggup menahan diri dari
sikap menyakiti orang lain baik lewat ucapan maupun tindakan.
Dan yang perlu digarisbawahi oleh para orang tua bahwa Akhlaq harus dibangun diatas landasan aqidah.

Begitupun realitasnya dengan adab,bunda menjelaskan pada mujahid dengan  mengutip apa yang disampaikan oleh Abu Zakaria al-Anbari berkata: Ilmu tanpa adab bagaikan api tanpa kayu bakar. Adab tanpa ilmu bagaikan ruh tanpa jasad (Imam as-Sam’ani, Adab al-Imla’ wa al-Istimla’; al-Khathib al-Baghdadi, Kitab al-Jami’, juz I, hal 17).Maka, ilmu dan adab harus menyatu dalam diri muslim, dan semestinya semakin berilmu, harus semakin beradab.
Mujahid – mujahid bunda

▶Apa itu adab?
Dalam Islam adab merupakan bagian dari akhlak.
“Bunda bagian dari akhlak islam maksudnya…” mujahid bertanya
Mujahid bunda ^^ Islam adalah Diin yang sempurna, yang tidak sekedar mengatur ibadah ritual semata, namun islam juga mengatur aspek akhlak. Sebagai bagian yang tak bisa dilepaskan dari bangunan islam, pengaturan akhlak dalam islam memiliki nilai untuk memberikan keunggulan atau keluhuran bagi yang melaksanakannya. syariah islam telah memerintahkan kaum muslim untuk menghiasi setiap perilakunya dengan akhlak mulia, baik dalam beribadah, bermuamalah dengan orang lain maupun dalam perilaku yang sifatnya pribadi sekalipun. Sebaliknya, syariah telah melarang kaum muslim dari akhlak tercela. Abdullah bin Amr ra. berkata bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, “Sesungguhnya orang yang terbaik di antara kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya.” (Mutaffaq ‘alaih).
Fahimtum?
Begitu rona lingkaran dalam majelis halqoh malam itu.
Ummahat fillah berikut sekedar tips-tips sederhana dari kami tentang …

▶Cara Menanamkan Adab pada anak
Menanamkan adab  harus dimulai sedini mungkin, karena berkait dengan kebiasaan. Sebaliknya, membiarkan kebiasaan buruk itu ada pada anak-anak akan menjadi sebuah karakter yang sulit diubah.

▶Step by step penanaman adab.

🍒Pertama: tanamkan aqidah yang kuat. aqidah yang kokoh akan menanamkan keyakinan dan melahirkan kesadaran bahwa sebagai hamba Allah kita wajib mengikuti semua aturan-Nya. Salah satu aturan tersebut adalah akhlak yang didalamnya menjelaskan konsepsi tentang adab dalam segala hal. Melalui pendekatan ini, akan tertanam sikap keikhlasan melaksanakan adab-adab tersebut semata-mata karena Allah .Aqidah dulu sembari penanaman adab secara simultan.

🍒Kedua: Jadikan Rosulullah sebagai qudwah wa mitsal(keteladanan dan contoh dari segala aspek)

🍒Ketiga: jadikan ortu sebagai prototype terdekat dalam hal keteladanan dan contoh terhadap Rosulullah.

🍒Keempat: Jauhkan anak dari lingkungan yang tidak baik. Karena saat ini kita tidak hidup dalam habitat kehidupan yang islami, sehingga memang memaksa keluarga muslim untuk ekstra hati-hati menjaga buah hatinya. Meski di rumah sudah terbentuk kebiasaan  yang baik, di luar rumah belum tentu. Padahal anak-anak secara alami juga membutuhkan ‘dunia luar’ untuk belajar dan bersosialisasi. Oleh karena itu, orangtua, khususnya ibu, harus bisa mengarahkan dengan siapa sebaiknya anak kita bermain. Jauhkan anak dari berteman dekat dengan anak-anak yang punya kebiasaan yang buruk. Berikanlah penjelasan dengan  bijak kepada anak sehingga anak tidak protes mengapa harus memilih-milih teman.

🍒Kelima: menciptakan lingkungan sekitar rumah yang selalu menjaga Adab. Di antaranya adalah dengan tidak membiarkan anak tetangga yang mempunyai kebiasaan  buruk hingga mereka meninggalkan kebiasaannya. Kesalahan yang sering terjadi di masyarakat saat ini adalah menyerahkan pendidikan akhlak anak tetangga kepada ibunya sendiri. Padahal jika keburukan nyata-nyata ada di depan mata, maka amar makruf nahi mungkar kepada anak tetangga tentu menjadi kewajiban kita. Hanya saja, harus dicari metode yang baik agar tidak menyulut konflik antartetangga. Inilah yang dimaksud kontrol sosial yang harus ada untuk menjaga pelaksanaan syariatNya.

Bukankah menghiasi diri dengan ahlak dan adab adalah prestasi luar biasa saat kita tahu anak-anak kita telah menampakkan tanda-tanda memasuki kehidupan yang baik (hayyatan thoyibah)? Dengan mengikatkan diri mereka terhadap aturan Allah , Kehidupan yang membuat mereka merasakan betapa luhurnya budi pekerti manusia. Kehidupan yang menjanjikan imbalan terbaik di akhirat sebagaimana janji Allah Ta’ala👍

WalLahu a’lam bi ash-shawab.

💐💐💐💐💐💐💐💐💐

💖 PERTANYAAN 💖

⭐ TERMIN I ⭐

🌸 Pertama 🌸

“Umm, sampai ufsia berapakah anak harus ditemani jika bermain di luar. Terutama jika lingkungannya tidak begitu mencerminkan nilai akidah yang baik?”
🍂Ummu Abdullah, Tangerang🍂

🍄 Jawaban 🍄

“Bismillah
ummu dalam islam pendidikan itu berkesinambungan dari usia paud, pra baligh hingga baligh, adapun pendampingan pada ananda untuk perhatian ekstranya pada usia paud bentang umur daro 0 hingga 6 tahun karena usia ini adalah peletakan dasar pondasi aqidah, melatih pembiasaan konsep diri positif serta menguatkan pengaruh orang tua dalam transfer attitude ( nilai2 termasuk didalambya ahlak dan adab) karena karakter dasar pada usia paud adalah para peniru ulung sehingga sangat2 efektif mendidik dgn keteladanan, dan juga harus ada upaya pencerdasan masif berupa edukasi bagi lingkungan sekitar agar tetangga tidak meninggalkan jejak kebiasaan yg tdk ahsan bagi ananda.tentu dengan cara yg ahsan”
🌿🌿🌿🌿🌿

🌸 Kedua 🌸

“Bagaimana seharusnya adab qt sebagai orang tua dalam menanggapi fenomena hidup sederhana seperti yg dicontohkan Rasululloh … Disisi lain hidupnya berkecukupan bahkan lebih”
” Dulu saya 6 bersaudara biasa hidup sederhana … Telor ceplok 1 buat Ber 2 bahkan Ber 4 … Sehingga lebih menghargai makanan ….Tp anak jaman skrg?? Makanan pilih2 ya memang karena ada …. Bagaimana ya bisa bersederhana tanpa juga terlihat tidak mensyukuri apa yg ada”
🍂Lulik, HSKM Tangerang🍂

🍄 Jawaban 🍄

“Bunda lulik shalihah meneladani rosulullah dalam hal keteladan dalam ruang kesederhanaan adalah sebuah perkara yang mubah ( boleh) namun yang perlu diperhatikan yaitu makna sederhana adalah bagaimana menggunakan harta tidak di jalan kesia sia2an , bila kita dianugrahi hidup yang berkecukupan tentu kita wajib menghiasi diri kita dengan rasa syukur ( Tahadduts bin ni’mah ) dengan membelanjakan harta dijalan Allah sebagaimana Rosulullah mencontohkan”
“kesadaran akan makna hidup sederhana dalam konteks rasa syukur bisa terpatri dalam jiwaseseorang karena adanya sebuah pemahaman, pemahaman yang dibangun dari pemikiran yang paling mendasari kehidupannya yaitu mapping life seseorang ( aqidah) , dari aqidah terpancar aturan salah satunya seruan Allah dalamfirmannya وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَٮِٕنْ شَكَرْتُمْ  لَاَزِيْدَنَّـكُمْ‌ وَلَٮِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِىْ لَشَدِيْدٌ
“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.”
[QS. Ibrahim: Ayat 7], sehingga menyematkan rasa syukur atas nikmat2 dari Allah adalah sebuah keniscayaan karena itu adalah kewajiban maka dengan dorongan aqidah yang kokoh secara rela kita akan menghiasi kehidupan kita dalam kesederhanaan berbalut rasa syukur yg mendalam”
🌿🌿🌿🌿🌿

🌸 Ketiga 🌸

“Adab apa dulu yg harus ditanamkan untuk anak usia 4,5 tahun? Bagaimana cara menanamkannya? Karena dg dinasihati saja pasti nggak mempan”
” Sebenarnya bukan lebih unggul, tapi yg dibiasakan duluan hehhe…karena sudah 4,5 tahun dan ibunya dulu agak teledor, jd apakah kita fokus mengubah yg jelek atau menambah yg dia belum tahu? Eh…sama ajah y?”
🍂Ephy, Tangerang🍂

🍄 Jawaban 🍄
“Bunda Ephy nan shaaliha adab adalah bagian dari aklak, yang merupakan salah satu syariat Allah, semua adab harus kita biasakan dari usia dini secara simultan dalam lingkaran aktifitas dari bangun tidur hingga kita tidur lagi wajib bagi kita menghiasi diri dengan akhlak karimah maupun adab .termasuk usia anak paud. Jadi tidak ada satu adab lebih unggul dari adab yang lain karena nilai amal yang kita raih adalah qima khuluqiyah ( nilai akhlaq)”
” Thayyib melanjutkan jawaban bunda Ephy, bunda tidak ada yg lebih unggul bermakna bahwa semua adab harus dibiasakan bisa kita mulai dari adab bangun tidur dilanjut amaliyah/aktifitas keseharian ananda tentu disetiap amal harus dihiasi dgn akhlaq dan adab :), yang pertama harus ditanamkan pengokohan aqidah bunda , karena aqidah pondasi ( iman ) baru adab ( karena salah satu hukum Allah)”
🌿🌿🌿🌿🌿

🌸 Keempat 🌸

“Bagaimana menyikapi anak tetangga yang kurang baik akhlaknya sdgkan orang tuanya mendiamkan (maklum anak2) tanpa menyulut konflik dgn orang tuanya?”
🍂Sukma, pamulang🍂

🍄 Jawaban 🍄

“Secara umum tentu kita memanggil anak tetangga tadi menanyakan perihal kenapa melakukan amal yg tdk terpuji.sembari kita nasehati dengan bijak sesuai level usianya, kemudian kita komunikasikan dgn ortunya tentang perihal anaknya, bahwa ortu tdk bisa diam saja bila sikap tdk terpuji td meninggalkan jejak yg tidak baik bagi jiwa anak kita maupun anak tetangga dalam pembentukkan pola jiwa anak2 tersebut. Apalagi usianya usia paud, harus terus ada pembiasaan”
🌿🌿🌿🌿🌿

🌸 Kelima 🌸

” 🌻🌺🌹🌸🌷🌻
Adakah cth teknik menasehati anak tetangga atau lingkungan yg kurang mendukung itu. Biar gak menyulut konflik. Mungkin soal berkata2 kasar atau kotor”
🍂 Yuli, HSKM Tangerang 🍂

🍄 Jawaban 🍄
” Contoh nasihat dengan entry point. Sains berbasis aqidah nanda sholih/ah Mulut adalah ciptaan  Allah”. Mulut merupakan salah satu panca indera yang diciptakan Allah dan wajib kita syukuri. Mulut digunakan untuk berbicara yang baik, berdzikir, mengaji, bahkan dengan mulut kita bisa bershodaqoh melalui senyum kita. Tentu anak sholih/ah yang mencintai Allah dan RosulNya bila disampaikan nasehat maka akan berkata samina wa tho’na ( kami dengar dan kami taat)”
🌿🌿🌿🌿🌿

⭐ TERMIN II ⭐

🌸 Pertama 🌸

“Ummi, ketika kontrol sosial banyak ikut campur (maksudnya intervensi secara langsung ke anak), contoh : nenek, kakek, uwak, oom, tante dan tetangga sekitar bagaimana orangtuanya bisa memilah dan menjelaskan ke anak?”
🍂 Ayu di Bandung 🍂

🍄 Jawaban 🍄
” Bunda ayu nan shalihah satu-satunya jalan adalah dengan menguatkan pengaruh orang tua ke ananda sembari mengkomunikasikan serta mensosialisasikan dengan pihak kerabat kita tentang visi misi pendidikkan kita pada anak2 kita spt apa. Bila ada perbedaan harapannya dengan adanya komunikasi bisa menjadi jembatan dalam mendukung visi misi kita dlm mendidik anak”
🌿🌿🌿🌿🌿

🌸 Kedua 🌸
“Mau minta contoh bentuk penanaman aqidah dlm membimbing adab anak2 sehari2 di rumah. Contoh konkritnya. Jazaakillah khayran”
🍂 saya Furi usia 35th anak: Dzitha 6thn dan Alisya 16bulan.🍂

🍄 Jawaban 🍄
“Pembahasan aqidah satu sesi tersendiri ☺, thayyib coba di ringkas
Contoh kenapa aklaq harus dibangun diatas aqidah dalam perkara jujur misalnya
Kenapa harus landasan Aqidah?
Karena setiap muslim termasuk anak-anak kita wajib mensifati dirinya dengan akhlaq yang baik hanya atas pertimbangan bahwa Akhlaq tersebut merupakan bagian dari perintah dan larangan Allah bukan lainnya. Dengan demikian anak akan berbuat jujur, karena Allah memerintahkan untuk jujur bukan dilakukan untuk mewujudkan kemanfaatan materi seperti agar dapat banyak teman dll.
Perkara inilah yang bisa membedakan kejujuran seorang anak muslim dengan yang lainnya. Karena kejujuran seorang anak muslim semata2 karena Perintah Allah, kejujuran yang lainnya bisa jadi karena untuk memperoleh materi. Sungguh berbeda jauh antara kedua jenis kejujuran tersebut
Akhlaq akan muncul dalam diri anak2 kita bila anak memiliki kesadaran hubungan  dengan Allah”
🌿🌿🌿🌿🌿

🌸 Ketiga 🌸

“bgmn membangun adab pd anak, bila ia cenderung sering melawan. usianya 6 th, tp bila disampaikan nasehat malah suka main” anaknya. mukanya dimiring”in, ngoceh” sendiri…
jazakillah mba…
🍂 Irene, Bogor 🍂

🍄 Jawaban 🍄
” Bunda Irene shalihah harus dituntaskan dulu konsep penanaman  bilur walidain pada ananda dengan memberikan pemahaman keteladanan bahwa berbuat baiklah kepada kedua orang tua mu adalah perintah Allah , termasuk dalam hal perkara mendengarkan kebaikan yg disampaikan oleh orang tua, bilur walidain adalah salah satu syariat Allah , agar nasehat membekas tanamkan aqidah yang kokoh tentang mamping life gambaran kehidupan secara tuntas. Sehingga ananda paham misi ia diciptakan setelah iman menghujam insyaAllah adab akan mudah melekat dalam jiwa.sembari bunda berdoa meminta kepada Allah agar ananda menjadi qurota a’yun. Yang hatinya mudah menerima kebaikan dari siapapun ia tumbuh  tawadhu dan senantiasa merasakan maiyyatullah ( bersama Allah) Beramal dengan ikhsan”
🌿🌿🌿🌿🌿

💞 Kata Penutup 💞

MasyaAlloh Jazzakillah khairan katsira , Umm. Sayangnya masuk ashar untuk WIB. Masih ada 2,5 termin pertanyaan lagi

InsyaAllaah akan dijawab narasumber di waktu senggang

Untuk kajian hari ini  kita tutup dulu yaa 🙂

Mari kita tutup diskusi kita dengan doa kafaaratul majelis
ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ، ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ، ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ،
ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚَ
Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memujiMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu. Mohon maaf atas segala khilaf. Dan saya akhiri Wassalamu’alaikum warah matullahi wa barakaatuh

💐💐💐💐💐💐💐💐💐💐💐💐

BIODATA NARASUMBER
Ummu Ammar

Ibu Rumah Tangga
Pengemban Dakwah
Founder Rumah Belajar Pemrograman untuk anak CodingBunay Praktisi Islamic HomeSchooling pengisi islamic parenting berbasis aqidah islam

💐💐💐💐💐💐💐💐 💐💐💐

Moderator : Mierza Miranti
Notulen : Muliani Rozana

Iklan