Sekarang ini, orang sudah banyak yang move on dari pembayaran tagihan konvensional ke pembayaran tagihan online. Semua tagihan – dari  mulai beli pulsa, bayar listrik, voucher game, sampai bayar kuliah – hampir semuanya menuju pembayaran online. Tapi, ada juga beberapa yang menolak memilih opsi ini, meski sudah ada yang membuktikan bahwa transaksi online aman itu nyata. Bisa jadi sih, yang namanya pembayaran tagihan online itu punya beberapa kelemahan. Mau tahu apa aja?

1. BIKIN GAK BISA BOROS

Kok bisa? Iya doong. Coba aja bedakan antara beli pulsa di counter handphone sama beli via Paybill Indonesia.

Di counter, biaya voucher biasanya lebih tinggi karena harus menutupi bayaran kios sama gaji yang jaga counter. Belum lagi kalau jauh, kan harus beli bensin.

Begitu juga kalau harus antri bayar tagihan, selain ongkos berangkat ke sana, Anda juga harus merogoh kocek buat beli air mineral sama jajanan buat temen nunggu.

Nah, tuh, boros kan? Gak cocok deh kalau Anda mau menjauhi gaya hidup hemat.

2. BIKIN ORANG GAK SUKA TANTANGAN

Ehm… sebentar.  Maksud tantangan disini adalah tantangan menghadapi sesuatu yang lama, lambat, dan berbahaya loh yaaa…

Halah, kok gitu?

Lah, iya. Pembayaran tagihan online kan lebih cepat dan mudah daripada metode bayar konvensional. Jadi, pada dasarnya sih, yang pilih pembayaran online berarti sudah menghilangkan faktor penundaan. Tapi, buat suka yang tantangan nunggu lama-lama dan buang-buang waktu ga jadi masalah dooong. Kan itu ‘tantangannya’… wew.

Pembayaran online pun tidak cocok bagi anda yang menyukai bahaya membawa uang tunai di perjalanan. Atau, kalau Anda suka dengan resiko terlambat bayar listrik. Begitu juga kalau Anda lebih suka mengambil ‘tantangan’ kehilangan struk pembayaran yang sebenarnya bisa Anda akses secara online.

3. BIKIN ANDA GAK BISA KOLEKSI SAMPAH

Nah, kalau Anda tipe yang suka mengumpulkan kertas-kertas bukti pembayaran dan menambahkan koleksi sampah di bumi, maka Anda menjadi pihak yang bertanggung jawab dengan kerusakan bumi. 

Tahu nggak, kalau Anda mau move on ke tagihan Anda secara online, Anda bisa mengambil  bagian dalam melestarikan sumber daya bumi. Psssttt… bukankah uang tunai juga dibuat dari kertas?

Salah satu keuntungan terbesar dari membayar tagihan Anda secara online, tentu saja, adalah menyingkirkan semua kertas itu. Hare geneee, hampir semua tagihan dapat dikirimkan dengan mudah (dan lebih murah) via Paybill.

Apa artinya? Limbah kertas pun berkurang di tempat pembuangan sampah. Dan jika tagihan atau bukti pembayaran itu lebih sedikit dicetak, berarti lebih sedikit pula energi dan bahan bakar yang dikeluarkan saat pencetakan, pengolahan, pengiriman, dan pengangkutan. So, pembayaran tagihan secara online adalah pemenang dalam hal memberikan manfaat kepada lingkungan. Yaaay!

4. GAK BISA RIBET

Jika Anda sangat tidak terorganisir, membayar tagihan online mungkin terdengar ribet. Anda mungkin merasa lebih mudah menerima tagihan kertas, menyimpannya, lalu kehilangan kertas itu saat diperlukan.

Hadeeeuh… nggak koook… pembayaran tagihan secara online itu sebenernya sangat sederhana dan menyenangkan. Cek aja disini:

Awalnya cuma download aplikasi, daftar sebentar, udah. Anda tidak perlu khawatir lagi tentang biaya keterlambatan atau kehilangan kertas-kertas dalam tumpukan apalah-apalah. Eh, tapi kalau Anda lebih memilih ribet dengan mencari-cari kertas yang udah entah dimana itu, yaaa… silahkan dinikmati kegalauannya.

5. GAK BISA DAPET KEJUTAN

Iyaaa… kejutan yang tidak menyenangkan maksudnya. Katakanlah pada suatu sore, Anda kalau hari itu adalah hari jatuh tempo pembayaran listrik. Weeh, ternyata besoknya itu tanggal merah. Kejutaaan! Anda harus bayar denda deh (atau kena resiko listrik diputus hehe).

Atau, kejutan itu Anda dapatkan saat membayar tagihan yang tiba-tiba membengkak dari biasanya. Kalau pakai Paybill, Anda tinggal buka aplikasi, lalu cek dan tunjukan saat itu juga.

Nah, karena Anda suka kejutaaan, Anda lebih memilih balik lagi ke rumah buat ubek-ubek bukti pembayaran yang bisa jadi udah keselip dimana.

Dan, ketika kembali… KEJUTAAAN! Ternyata kantornya tutup.  

Ehem, bagaimana? Apa Anda masih mengambil resiko dengan nggak mau move on ke pembayaran tagihan online? Masih nggak percaya kalau transaksi online itu beneran aman? Coba buktikan deh dengan move on ke Paybill Indonesia. Aseliiii, hidup jadi lebih mudaaah. Klak klik di aplikasinya yang super responsif itu bikin waktu kita efektif banget deh rasanya. Nih.. lihat deh.. gampang bangeeet…

Klik aja banner di bawah ini kalau mau tahu lebih banyak, yaaaa….

Iklan