Assalaamu’alaikum warahmatullah!

Alhamdulillah sudah mau Ramadhan lagi. Biarpun ga tercium bau-bau sirup Marj*n karena ga ada TV, tapi hawa-hawa Ramadhan sudah mulaai terasa. Salah satunya, anak tertua udah sering tanya… “Mi, udah bayar puasa taun kemaren, belum? Udah Sya’ban loh ini.” -_____-

Ehem, biar hawanya makin menguat, menggugah, dan menggelora… keluarga klastulistiwa mau merencanakan Kegiatan Ramadhan tahun ini di tempat baruuuu, insya Allah.

Karena isinya banyak (gambarnya hehe), posting yang ini khusus untuk persiapan dan minggu pertama saja, yes.  Apa saja kah itu?

Selain bayar puasa (yang 2 hari pertamanya ditemani si sulung), kami juga membuat dekorasi untuk Ramadhan Wall. Intinya sih biar ngingetin emaknya supaya gak lupa bikin2 yang unyu2… heuheu.

Lentera Ramdadhan Wall (Tutorialnya Gugel Aja yaaa hehe)
Lentera Ramadhan Wall (Tutorialnya Gugel Aja yaaa hehe)

Dan sebelum bocah pada nanya tentang hilal dan sidang itsbat, kami antisipasi duluan. Mereka diajak nonton di Youtube tentang hilal dan berdiskusi tentang rotasi bulan. Pleus, buat ini….

p_20160528_230602.jpg

Nah, sekarang Ramadhannya itu sendiri ngapain doong?

Ya puasa lah… *krik krik krik*

Ngga deng, tentunya memaksimalkan ibadah-ibadah, plus memperkuat hafalan. Ilmu-ilmu umum libur duluuuu… Tapi bikin-bikin jalan terus, hehe.

Bismillah, semoga yang di bawah ini bisa kejadian semua. Klik link masing-masing untuk info lebih lanjut yaaaa…. Beberapa bukan saya yang buat tentu saja hehe… kan bagi waktu buat urusin cucian, dapur, dan rumah juga (alesan).

.

Hari Pertama: Jam Shalat-Puasa

Halah, opo meneh iki? Sebenernya sih mau buat seperti jam shalat tapi ditambah dengan jam bangun sahur dan jam tidur setelah isya. Belum selesai jadi gambarnya belum diaplot. Kepoin aja IG-nya di sidebar yaaa.*eeaaa*

.

Hari Kedua: Rukun Islam

Jeng-jeng, ternyata setelah dicek di dapur, saya punya oatmeal yang dua bulan ga termakan. Daripada dibuang, mending buat review tentang rukun Islam ini. Tinggal tetes pewarna makanan di bubur oatmealnya, dan (semoga) jadilah yang seperti gambar di samping. Siapa tak sukeu sama hand painting laaah. Selanjutnya bisa lanjut dengan kegiatan yang lebih serius dengan si sulung.

.

Hari Ketiga: Poster Siluet Doa Buka Puasa

Ini emaknya juga masih ngapaliiin doa shahih buat buka puasa – yang dibaca setelah berbuka ini (klik link ini untuk belajar lebih lanjut yes). Ini diriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:


ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah-ed.”
[Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki](Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678) [7]

Kemungkinan besar buat poster siluet seperti yang cara buatnya ada di link imanhomeschool ini. Tapi, di atasnya diganti tulisannya jadi doa di atas. Begitchu.

.

Hari Keempat: Poster Kurma

Hahaha… ga sempet cari nama yang nyastra buat judulnya. Tapi intinya yaaa begitulah. Ingin ajak bocah buat poster unyu-unyu soal sahur dengan kurma ini biar punya sense of pride ngikutin sunnah dan pede meski bukanya ga sama teh bottle nganu. Hehe. Posternya gambar sendiri lah… ga seperti yang dibuat komputer seperti gambar di samping. Semoga bisa aplot hasilnya di IG dan doakan selesai pas ada kuota (curcol lagiii).

.

Hari Kelima-Tujuh (Borongan): Pohon 99 Nama Allah

Pas lihat posting ini langsung melotot: huwaaaaa kereeen.. masyaAllah. Semoga bisa eksekusi. Pengennya pake daun beneran, tapi kan prosesnya lumayan lama.  Kalau pakai setria.. glek… 99 daun gitu? -___-

Tapi, kita lihat ajalah… sapa tau bisa.

.

Nah… alhamdulillah rencana sampai minggu pertama Ramadhan sudah tuntasss. Semoga bisa dieksekusi semua. ^____^

 

Iklan